Kesehatan

Zat Gizi Vegetarian

Vegetarian dapat menjadi sebuah gaya hidup yang sehat, tetapi dibutuhkan sedikit upaya dalam perencanaan menu jenis makanan apa saja yang akan dikonsumsi agar zat gizi untuk tubuh tetap terpenuhi. Namun sayangnya, seorang vegetarian yang benar-benar memperhatikan menu harian nabatinya bisa saja tetap kekurangan beberapa nutrisi penting untuk tubuh.

Bagi Anda yang sedang menjalani diet vegetarian harus tetap memperhatikan jenis nutrisi berikut ini :

Kalsium

Kalsium digunakan untuk kontraksi otot, kontraksi pembuluh darah serta sekresi hormon dan enzim. Hasil studi menunjukkan bahwa makanan yang hanya bersumber dari tumbuh-tumbuhan saja tidak dapat memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Jika seseorang tidak mengkonsumsi susu maka sangat dipastikan membutuhkan sumber kalsium dari sumber makanannya.

Bersumber dari susu kedelai yang diperkaya dengan kandungan kalsium, sereal dan jus jeruk yang diperkaya dengan kalsium, lobak dan sawi.

Zat Besi

Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan neurotransmitter dan pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. Tubuh manusia tidak menyerap zat besi nabati (non-heme) seefisien zat besi hewani (heme), jadi seorang vegetarian bisa beresiko kekurangan zat besi.

Bersumber dari bayam, kacang merah, kacang polong, roti gandum, aprikot kering, kismis, asparagus dan strawberi.

Vitamin B-12

Vitamin B-12 adalah vitamin yang penting untuk tubuh, berkontribusi terhadap kesehatan system syaraf dan pembentukan sel-sel darah merah dan DNA, umumnya tersedia pada produk hewani. Disarankan kepada para vegetarian untuk tetap memasukkan nutrisi ini dalam makanannya, utamanya vegetarian yang menghindari telur dan susu, sebaiknya mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B-12.

Bersumber dari burger dan sereal yang diperkaya dengan vitamin B-12.

Seng

Fungsi lebih dari 300 enzim dalam tubuh manusia dan juga sistem kekebalan tubuh bergantung pada seng. Seperti besi, seng yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan tidak dapat diserap oleh tubuh dengan mudah, jadi bagi Anda yang vegetarian untuk tetap mengkonsumsi suplemen yang mengandung seng.

Bersumber dari kacang putih, kacang merah, sereal yang diperkaya dengan seng, bibit gandum dan biji labu.

Protein

Setiap sel dalam tubuh manusia membutuhkan protein. Protein yang ada dapat dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh. Sumber protein dari tumbuh-tumbuhan sering rendah lemak jenuh dan tinggi serat, jadi konsumsilah protein dari produk hewani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *