Mengenal Gejala Asam Urat dan Cara Mengatasinya

Posted on

Pernah tidak anda merasakan nyeri dan panas di area sendi yang disertai warna kemerahan. Badan terasa sakit semua atau tiba-tiba kaki bengkak. Apabila anda merasakan demikian bisa saja itu pertanda anda mengalami gejala asam urat. Untuk memastikannya anda bisa cek kadar asam urat ke dokter, anda bisa pergi ke dokter umum dekat rumah, agar bisa segera terdeteksi dan diberi pengobatan.

Asam urat bukan lah penyakit yang dapat diremehkan. Asam urat dapat memicu timbulnya penyakit lain yang lebih berbahaya bahkan mematikan. Sehingga anda harus waspada dan bertindak cepat untuk mengatasinya.

Apakah Asam Urat Itu?

Asam urat sendiri termasuk zat dalam tubuh yang merupakan sisa metabolism dari makanan yang mengandung protein. Asam urat ini merupakan zat yang mengandung purin. Asam urat ini merupakan zat yang dihasilkan tubuh kita sendiri secara alami dan tidak berbahaya manakalah jumlahnya normal.

Kadar asam urat yang tinggi menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, bahkan apabila dibiarkan dapat mengganggu kerja jantung, menyebabkan hipertensi, diabetes, osteoporosis bahkan strok. Asam urat yang tinggi mengakibatkan ginjal tidak mampu membuang asam urat sehingga memicu peradangan sendi karena pembentukan Kristal pada sendi-sendi. 

Anda dapat mengetahui kadar asam urat dengan melakukan tes darah. Untuk acuan normal asam urat antara perempuan, laki-laki , dan anak –anak berbeda beda. Untuk perempuan 2,6 hingga 6,0 miligram per desiliter (mg/dL), kadar asam urat normal laki-laki 3,4 sampai 7,0 mg/dL. Dan untuk anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL.

Baca Juga :  Ingin Bebas Dari Jerawat Serta Kulit Berminyak? Ini Triknya!

Apabila hasil tes darah anda diatas ketentuan akan tetapi anda tidak merasakan gejala apapun, anda tidak membutuhkan pengobatan. Namun anda harus tetap waspada dan menjaga asupan makanan agar tidak semakin tinggi. Namun, jika muncul gejala asam urat, anda harus mendapatkan pengobatan. Karena gejala tersebut menunjukkan telah terjadi pengkristalan. Apa saja gejala asam urat yang harus mendapat pengobatan.

Gejala Asam Urat Tinggi

Gejala yang dapat anda rasakan ketika kadar asam urat anda dalam darah tinggi adalah timbulnya rasa nyeri pada persendian biasanya paling terasa pada ibu jari kaki. Sendi yang nyeri disertai dengan warna kemerahan dan sulit digerakkan. Rasa nyeri yang timbul tidak kunjung redah bahkan membutuk dalam waktu hingga lebih dari 1 minggu.

Hal yang Memicu Asam Urat

Karena asam urat ini merupakan zat yang memang alami ada dalam tubuh hal yang paling besar dapat memicu tingginya asam urat adalah makan dan minuman.

Minuman Pemicu Asam Urat

Minuman yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah minuman olahan susu, minuman yang terlalu manis dan tinggi kafein. Serta minuman alkohol.

Makanan Pemicu Asam Urat

Makanan yang mengandung purin tinggi dapat meningkatkan asam urat. Makanan yang mengandung purin tinggi seperti kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, kemudia kangkung, bayam, dan juga daun singkong. Selain makanan tersebut buah yang mengandung purin juga dapat meningkatkan asam urat yaitu durian dan nangka. 

Cara Mengatasi Asam Urat

Cara mengatasi asam urat dapat kita lakukan dirumah, anda dapat melakukan hal berikut

Pertama mengompres bagian bisul dengan air dingin

Mengompres dengan air dingin merupakan cara alami yang dapat anda lakukan secara alami dirumah.. Anda dapat mengompres setiap 10 sampai 20 menit sekali.

Baca Juga :  MENCUCI TANGAN MEMAKAI SABUN ATAU HAND SANITIZER

Kedua Mengistirahatkan Sendi 

Cara mengatasi nyeri asam urat dengan cepat yaitu dengan mengistirahatkan sendi sampai rasa sakitnya hilang. Anda dapat melepaskan alas kaki dan posisikan kaki se rileks mungkin.

Apabila kedua hal tersebut tidak dapat meredahkan rasa sakit anda dapat meminum obat anti nyeri. Seperti pasasetamol. Namun apabila tetap terasa nyeri berkepanjangan anda dapat berkonsultasi kedokter. Sekarang anda dapat menggunakan fasilitas booking dokter  untuk mengecek dokter yang dapat membantu anda dan juga rumahsakit yang anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *