6 manfaat kesehatan meminum kopi secara rutin

Posted on

Kopi adalahs alah satu minuman yang paling populer di dunia. Bahkan bisa kita lihat sekarang ini di indonesia sudah sangat banyak tempat-tempat ngopi, dan pastinya hampir semua tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Beberapa studi di dunia ternyata menunjukan bahwa meminum kopi memiliki resiko lebih rendah terkena beberapa penyakit yang cukup serius, intinya ternyata kopi ini memiliki beberapa khasiat dan manfaat untuk kesehatan yang akan kami bahas pada artikel ini. ini dia manfaat minum kopi yang mungkin belum kalian ketahui.

1. Meningkatkan kecerdasan dan energy

Kopi memang terkenal sebagai energy booster, kopi dapat membantu orang meningkatkan energy mereka sehingga orang yang mengkonsumsinya merasa tidak terlau lelah. Hal tersebut bisa terjadi karena kopi mengandung stimulant berupa senyawa kafei. Senyawa kafein adalah zat psikoaktiy yang paling umum di konsumsi di seluruh dunia.

Setelah kita meminum kopi, kafein yang terkandung dalam kopi akan diserah oleh tubuh dan di edarkan ke otak. Di dalam otak, kafein akan memblokin neurotransmitter adenosine bloker.

Ketika hal tersbut terjadi, jumlah neurotransmitter lain seperti dopamine dan norepinefrin akan meningkat sehingga meningkatkan pembentukan neuron yang menyebabkan efek stimulant. Sehingga energy, suasana hati dan berbagai aspek fungsi otak meningkat.

2. Membantu membakar lemak

Untuk kalian yang sedang diet, megkonsumsi kopi tanpa gula adalah hal yang baik. Kafein ternyata hampir terkandung dalam setiap suplemen diet komersial. Kafein ini ternyata adalah salah satu zat alami yang terbukti dapat membantu pembakaran lemak.

Baca Juga :  Solusi Ibu Hamil yang Mengalami Keguguran Berulang

Bahkan beberapa penelitian menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolism sebesar 3-11%. Studi lain juga menunjukan bahwa kafein ini bisa meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10%.

3. Dapat meningkatkan kinerja fisik

Kafein bekerja menstimulasi system saraf tubuh manusia dan akan memberikan sinyal pada sel lemak agar memecahkan lemak tubuh. Kafein juga meningkatkan adrenalin atau epinefrin dalam darah. Ini adalah hormone yang mempersiapkan tubuh kita untuk bisa beraktivitas fisik secara intens. Kafein melepaskan asam lemak dari jaringan lemak, membuat asal lemak bebas tersedia sebagai bahan bakar.

4. Kopi mengandung nutrisi esensial

Banyak sekali kandungan nutrisi dalam biji kopi, secangkir kopi mengandung riboflavin, asam patotenat, mangan dan kalium dan magnesium serta niasin.

5. Kopi dapat menghindarkan dari penyakit alzeimer dan demensia

Penyakit alzeihmer adalah penyakit neudegeneratif yang paling umum dan juga merupakan penyebab utama dari demensia. Kondisi ini biasanya menyerang orang dengan usia di atas 65 tahun dan sampai saat ini penyakit ini. meskipun penyakit ini belum ada obatnya, tetapi ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menghindari penyakit ini, yaitu dengan mengatur pola makan sehat, olahraga dan minum kopi. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa ornag yang rutin mengkonsumsi kopi memiliki resiko penyakit alzeimer lebih rendah 65% dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi kopi.

6. Menurunkan resiko Parkinson

Parkinson adalah kondisi neurodegeratif yang paling umum kedua setelah alzeimer. Parkinson ini adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya kematian neuron penghasil dopamine pada otak. Sampai saat ini penyakit Parkinson ini belum ada obatnya. Tetapi sama dengan penyakit alzeimer, ternyata penyakit Parkinson ini bisa di cegah dengan rajin mengkonsusi kopi.

Baca Juga :  Jerawat Punggung Metode Menghilangkannya Gunakan Ini

Itulah 6 manfaat kesehatan dari megkonsumsi kopi, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian. terimakasih sudah membaca artikel kami, sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *