3 Cara Mudah Membuat Stoplamp Selalu Terang

Posted on

Lampu yang disematkan pada kendaraan roda empat atau mobil jumlahnya kurang lebih ada 9 buah dengan fungsi yang berbeda-beda. Diantaranya ada atau disematkan pada bagian depan kendaraan tersebut, juga sebagian diantaranya ditempatkan pada bagian belakang kendaraan. Diantaranya terdapat stoplamp atau yang dikenal juga sebagai lampu berhenti. Karena fungsi dari lampu yang satu ini tak lain digunakan sebagai penanda bahwa sebenarnya kendaraan tengah dalam kondisi berhenti.

Warnanya sendiri adalah merah sehingga mudah untuk diingat. Karena fungsinya yang sangat vital inilah, maka begitu penting bagi Anda di dalam memastikannya tetap berfungsi dengan baik. Karena akan sangat berbahaya jika ia sudah rusak atau mati, namun tetap digunakan berkendara. Akan meningkatkan resiko kecelakaan ketika berkendara di jalan raya. Apalagi dalam kondisi jalanan yang begitu padat kendaraan. Tak perlu khawatir karena memang dalam penggantiannya sendiri dapat dilakukan secara mudah, tinggal mencopot dan memasang yang baru.

Namun pastikan Anda sendiri juga tak salah dalam memilih, karena meskipun banyak yang menjualnya di pasaran. Bahkan dengan kisaran harga begitu murah. Belum tentu kualitas yang diberikan juga bagus. Nyatanya memang cukup banyak orang yang menyesal karena asal pilih dan pasang produk lampu berhenti tersebut. Karena kenyataannya kualitas yang diberikan juga tidak sebagus itu. Lampu tersebut mudah rusak bahkan dalam jangka waktu pakai relatif pendek.

Masalah lain yang kerap kali dialami masyarakat pada jenis lampu berhenti yang satu ini adalah kondisinya buram, tampak kusam sehingga penyinaran yang diberikan juga kurang begitu optimal. Hal ini sudah pasti juga kurang nyaman dilihat, bahkan sangat mungkin pengguna jalan lain tidak melihatnya dalam kondisi menyala. Tak perlu mengganti dengan yang baru, karena nyatanya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat lampu ini terang kembali, antara lain:

  1. Cuci dengan memakai shampo mobil, kondisi rumah lampu yang kotor bisa membuat nyala dari lampu ini juga kurang optimal. Yaitu tampak kusam, itulah mengapa hendaknya dilakukan pembersihan atau mencucinya sampai benar-benar bersih. Aktivitas mencuci ini juga dapat Anda tunjang dengan memakai produk shampo khusus untuk mobil. Sehingga nantinya akan bersih optimal. Setelah dicuci baru dilakukan pengecekan lagi dengan cara menyalakan kendaraan dan lihat apakah sudah terang benderang lagi ataukah belum.
  2. Amplas mika yang melapisi lampu tersebut, mengamplas juga dapat dijadikan sebagai salah satu solusi membuat nyala lampu kembali terang. Karena aktivitas ini akan mengikis bagian kotoran yang berkerak dan memang sulit untuk dibersihkan dengan cara mencuci biasa. Anda bisa mengandalkan amplas nomor 1500 maupun 2000 di dalam menunjangnya. Namun sebelum memutuskan untuk mengamplas ada baiknya menyiram bagian tersebut memakai air dan alkohol.
  3. Gunakan pasta gigi, pasta gigi juga dapat dimanfaatkan untuk membuat rumah lampu menjadi bersih lagi. Caranya sangatlah mudah, yaitu dengan mengaplikasikan odol tersebut ke seluruh permukaan mika atau rumah lampu. Setelah itu mulai melakukan pembersihan dengan mengelap bagian yang sudah diolesi menggunakan pasta gigi tersebut dengan memakai lap fiber sampai benar-benar bersih, kemudian cek hasilnya.

Mudah bukan membuat stoplamp selalu terang tanpa Anda harus mengganti lampunya dengan yang baru. Asalkan memang dalam hal ini kondisi lampu baik-baik saja, yang bermasalah hanyalah pada bagian mika atau rumah lampu tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *